Interview dialogue

Pertanyaan Interview Bahasa Inggris

1. Okay, Please introduce yourself briefly? (Baiklah, Tolong perkenalkan diri anda secara singkat ?)

Source: Giphy.com
Ini adalah pertanyaan paling mendasar yang biasa disodorkan dalam wawancara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Artinya sederhana, yaitu meminta kamu untuk memperkenalkan dirimu secara singkat saja. Namun, ada sesuatu yang digali dari seorang yang mewawancara dari pertanyaan ini, yaitu tentang bagaimana kamu bisa membawa diri dan mengenalkan diri kamu secara baik dan benar. Berikut ini contoh dialognya:
You: My name is Rahman, I am twenty five years old. I have graduated from Gadjah Mada University, majoring in Computer Science. My Activity right now is writing on my Personal English Blog, I am also active in several communities that related to my background.
Anda: Nama saya Rahman, umur saya 25 tahun. Saya lulus kuliah dari Universitas Gadjah Mada, jurusan Komputer Sains. Aktivitas saya saat ini adalah menulis di blog berbahasa Inggris pribadi saya, saya juga aktif di beberapa komunitas yang berhubungan dengan latar belakang saya.
Perkenalkan diri kamu dan bisa sedikit menyangkutkan dengan hal yang berkaitan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Bisa juga ditambahkan dengan keterampilan yang diperlukan oleh pekerjaan impianmu tersebut.

2. What department do you apply and why do you interested on it? (Posisi apa yang anda lamar dan kenapa anda tertarik melamar posisi itu?)

Source: Giphy.com
Selanjutnya, setelah mengenalkan diri kamu secara singkat, biasanya pertanyaan selanjutnya dalam wawancara Bahasa Inggris adalah mengenai bagian apa yang kamu lamar dan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut. Pertanyaan ini guna mencari tahu, apa motivasi kamu tentang pekerjaan yang ingin diambil. Apakah kamu serius untuk mengambilnya atau hanya sekedar main-main saja. Adapun contoh dialognya seperti berikut ini:
You: I want to apply for the System Analyst position, I am interested working on that position because that is my passion and I am also love working with computers since I was a kid.
Anda: Saya ingin melamar di posisi System Analyst, Saya tertarik bekerja pada posisi tersebut karena saya itulah semangat saya dan saya juga suka bekerja dengan komputer sejak saya masih kecil.
Kamu harus menjelaskan bagian apa yang kamu lamar dan alasan yang membuat kamu tertarik pada posisi tersebut. Berikan alasan pendukung yang akan membuat pewawancara yakin bahwa kamu pantas ada di posisi tersebut.

3. Why did you leave your previous job? (Mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda yang sebelumnya ?)

Source: Giphy.com
Pertanyaan interview Bahasa Inggris yang sering sekali digunakan adalah pertanyaan ini, jika kamu pernah bekerja di suatu instansi adalah pertanyaan tentang alasan mengapa kamu meninggalkan atau keluar dari pekerjaan sebelumnya. Pertanyaan ini biasanya ditujukan untuk mengetahui bagaimana sifat kamu dalam suatu pekerjaan dan mencari alasan atas jawaban tersebut.
You: I leave my previous job because I want more challenge and new experience.
Anda: Saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya karena saya menginginkan tantangan lebih dan pengalaman baru.
Pertanyaan ini juga bisa jadi menjebak. Berikan alasan yang tepat dan jangan sampai menjelek-jelekan perusahaan kamu sebelumnya karena mereka akan berpikir ini akan terjadi juga ketika kamu meninggalkan perusahaan mereka.

4. What if in this new place you feel the same as you did in your last work/office? (Bagaimana jika rasanya bekerja di tempat barumu sama saja bekerja di kantor lamamu?)

Source: Giphy.com
Pertanyaan interview Bahasa Inggris berikut ini sangat berkaitan dengan poin nomor tiga di atas adalah pertanyaan mengenai bagaimana jika alasan yang kamu jawab dalam pertanyaan di poin nomor tiga itu terjadi di perusahaan yang akan kamu lamar. Biasanya ini memang menjadi pertanyaan yang menjebak untuk kamu. Jadi, usahakan dalam menjawab pertanyaan nomor 3 tidak menjelek-jelekkan suatu instansi agar pertanyaan nomor 4 ini tidak ditanyakan. Di bawah ini contoh dialognya:
You: It is okay for me, because I think it will be different from my previous job, also as I mention before, I love to gain new experience.
Anda: Itu tidak apa bagi saya, karena saya pikir rasanya akan berbeda dari pekerjaan saya yang sebelumnya, juga seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya suka mendapatkan pengalaman baru.

5. When were you most satisfied in your work? (Kapan anda merasa sangat puas dengan pekerjaan anda?)

Source: Giphy.com
Pertanyaan selanjutnya untuk wawancara kerja berbahasa Inggris ini adalah tentang apakah kamu merasa sangat puas pekerjaan dengan pekerjaan kamu. Biasanya pertanyaan ini ditujukan karena pihak instansi menginginkan orang yang benar-benar serius ingin mendapatkan pekerja yang friendly terhadap apa-apa saja yang dikerjakan. Selanjutnya, jawaban dari kamu tentu akan menentukan segalanya. Berikut ini contoh dialognya:
You: It’s When I completed my job properly and on time, also when I get a job that related to my passion.
Anda: Yaitu ketika saya berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, juga ketika saya mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan minat saya.

6. What are your strengths, please specify each of three? (Apa kelebihan anda? Tolong jelaskan tiga) 

Source: Giphy.com
Pertanyaan interview Bahasa Inggris selanjutnya adalah mengenai kelebihan kamu sebagai pelamar kerja. Ya, tentu saja pihak instansi ingin tau seberapa besar keahlian kamu dalam menguasai suatu bidang dan apakah keahlian itu mumpuni atau tidak. Pihak instansi selalu ingin mendapatkan pekerja yang terbaik dari yang terbaik. Jadi, sebisa mungkin jawab pertanyaan ini dengan sejujur mungkin agar kelak jika sudah diterima oleh instansi itu tidak mengecewakan.
You: My strengths are I love to learn new things, I have a good analytical thinking, and I like to pursue my target.
Anda: Kelebihan saya adalah saya senang belajar hal baru, saya adalah pemikir analisis yang baik, dan saya juga senang mengejar target saya.

7. What are your weaknesses, please specify each of three? (Apa kelemahan anda? tolong jelaskan tiga)

Source: Giphy.com
Pertanyaan tentang wawancara berbahasa Inggris selanjutnya adalah kebalikan dari poin 6 di atas, yaitu tentang kelemahan yang ada pada diri kamu. Tentu saja pihak instansi ingin tahu lebih dalam tentang bagaimana diri kamu dari kelemahan-kelemahan itu dan kemudian akan menilai apakah kelemahan tersebut dapat diminimalisir atau tidak. Sama seperti poin nomor 6, jawab pertanyaan ini sejujur mungkin.
You: My weakness are I often to lose focus when I have too many distractions. Next, I am a perfectionist, so, sometimes it takes a long time to finish a job because I want to finish it perfectly, and the last is I am easy to get bored.
Anda: Kelemahan saya adalah, Saya sering kehilangan fokus ketika saya mendapati terlalu banyak gangguan. Selanjutnya saya adalah seorang yang perfeksionis, jadi terkadang saya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan karena saya ingin menyelesaikannya dengan sempurna, dan yang terakhir adalah saya mudah bosan

8. Why should we hire you? (Kenapa kami harus mempekerjakan anda?)

Source: Giphy.com
Setiap hal butuh alasan. Tidak terkecuali dengan pihak instansi yang menginginkan pekerja baru. Inilah yang menjadi pertanyaan wawancara kerja dalam Bahasa Inggris selanjutnya. Pertanyaan sederhana : “Mengapa kami harus mempekerjakan anda?” yang kemudian akan menentukan seberapa seriusnya kamu dalam melamar kerja ini dan seberapa ahli kamu dalam suatu bidang.
You: Because I have enough experience in this field and this field is my own passion, so I have a very strong spirit for this field.
Anda: Karena saya mempunyai pengalaman yang cukup di bidang ini dan bahkan bidang ini adalah minat saya sendiri, jadi saya memiliki semangat yang kuat untuk bidang yang saya tekuni ini.
Berikan alasan yang kuat supaya pewawancara benar-benar yakin terhadap kamu dan merasa bahwa kamulah yang paling pantas mengisi posisi tersebut. Kamu harus pintar meyakinkan pewawancara pada pertanyaan ini.

9. How much salary do you want in every month? (Berapa gaji yang anda inginkan setiap bulannya?)

Source: Giphy.com
Pertanyaan selanjutnya tentang wawancara berbahasa Inggris adalah tentang seberapa besar gaji yang kamu inginkan setiap bulannya. Agaknya, hal ini mungkin merupakan pertanyaan yang serba salah untuk dijawab. Kalau jawab sedikit, takut digaji sedikit beneran. Kalau dijawab banyak, takut dikira banyak maunya. Maka, cara paling aman untuk pertanyaan ini adalah dengan jawaban, “Kita serahkan kepada pihak manajemen perusahaan sesuai dengan standar upah minimum pemerintah” atau kamu dapat langsung menjawab dengan tegas berapa harga yang kamu mau, seperti contoh berikut ini:
You: I am expecting my salary is two and half million rupiahs per month.
Anda: Saya berharap gaji saya adalah 2,5 juta rupiah perbulan.
Jika kamu ingin terlihat tegas, kamu bisa menyebutkan dengan mantap angka yang diinginkan. Tapi ingat, harus realistis dan sebanding dengan kontribusi kamu buat perusahaan nantinya. Jika kamu belum yakin, kamu bisa menjawab bahwa kamu menyerahkan hal ini sesuai dengan aturan perusahaan atau sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pada posisi tersebut. Hal ini akan membuat pewawancara paham berapa nilai salary yang akan Squliners dapat nantinya.

10. Do you have any strategies to increase our business income? (Apakah anda memiliki strategi untuk menambah pemasukan bisnis kami?)

Source: Giphy.com
Pertanyaan wawancara kerja Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang apakah kamu mempunyai strategi lain dalam meningkatkan pendapatan bisnis suatu instansi. Biasanya pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui bagaimana pola pikir kamu dalam melakukan tindakan dan bagaimana cara kamu dalam menentukan strategi. Ini tentu menjadi suatu hal yang sangat dipertimbangkan oleh instansi.
You: Yes, I have some great ideas to increase the income, such as create a new flavor for your product or by doing a new type of promotion.
Anda: Ya, saya punya beberapa ide hebat untuk menambah pemasukan, contohnya seperti membuat rasa baru untuk produk anda atau dengan melakukan promosi jenis baru.
Share:

No comments:

Post a Comment